PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

BSIP KEPRI NARASUMBER PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN PETANI DI KEPULAUAN RIAU




Tanjungpinang – Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Petani dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kepulauan Riau, hari ini, Selasa, 28 November 2023 terselenggara di Ruang Rapat Hang Jebat, Hotel Comforta Tanjungpinang. Pelatihan yang diadakan oleh Bidang Prasarana Sarana dan Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan (DKPPKH) Provinsi Kepulauan Riau ini, menghadirkan Kepala BSIP Kepri, Dr. Ruslan Boy, S.P., M.Si. sebagai narasumber selain Sekjen KTNA Nasional dan Kepala DKPPKH Provinsi Kepri.

Pelatihan yang disejalankan dengan Rembug Paripurna KTNA Provinsi Kepulauan Riau diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari petani dan anggota KTNA perwakilan kota/kabupaten se-Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan hingga hari Rabu, 29 November 2023 esok, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Drs. Adi Prihantara, M.M. Dalam sambutannya pada pembukaan acara, beliau menyampaikan pentingnya kelembagaan petani untuk para anggota. “Dengan adanya kelembagaan petani, mitra pengembangan pertanian seperti BSIP, akan lebih mudah dalam mencari potensi yang dimiliki petani jika ada dalam sebuah wadah. Oleh karena itu mari kita perbaiki tata kelembagaan petani dengan peningkatan kapasitas.”, ajaknya.

Kepala DKPPKH Dr. Rika Azmi, S.TP., M.M. saat penyampaian materinya mengusung modernisasi pertaniandalam rangka mendukung program mekanisasi pertanian di Kepri sebagai strategi pembanguan pertanian di Provisnsi Kepulauan Riau. Strategi Pembanguan Sektor Pertanian yang memfokuskan Peran Kelembagaan Petani, disampaikan juga oleh beliau dalam 13 fungsi kelembagaan petani yang juga menjadi salah satu startegi pembanguan pertanian lainnya.