PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

PPID Utama

PANEN BERSAMA PERBENIHAN JAGUNG: KOLABORASI BSIP KEPULAUAN RIAU DAN KELOMPOK TANI MILENIAL KREATIF DI DESA LANCANG KUNING




Bintan, 30 November 2023 - Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, merayakan kesuksesannya dalam panen bersama perbenihan jagung terstandar yang merupakan hasil kolaborasi antara BSIP Kepulauan Riau dan Kelompok Tani Milenial Kreatif. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 30 November 2023, menciptakan kebersamaan dan semangat inovatif di kalangan petani muda.

 
Kelompok Tani Milenial Kreatif, yang terdiri dari para petani telaten dan antusias, telah bekerja sama dengan BSIP Kepri untuk menerapkan praktik pertanian perbenihan jagung terstandar. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan hasil panen tetapi juga sebagai langkah nyata dalam mendukung perkembangan pertanian berkelanjutan khususnya perbenihan tanaman pangan di wilayah Kepulauan Riau.
 
Kepala BSIP Kepri, Dr. Ruslan Boy, S.P., M.Si. bersama dengan Kasubbag Tata Usaha, Perwakilan Tim Manajemen, serta Perwakilan Fungsional turut serta menghadiri acara panen bersama perbenihan jagung komposit varietas Jakarin seluas 2 hektar tersebut. 
 
Turut serta menghadiri, Kepala Seksi Tanaman Pangan, Rr. Marisa Fajar Nastiti, S.P., mewakili Kepala DKP2KH Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Seksi Perbenihan, Pengawasan, dan Sertifikasi serta Perlindungan, Ade Satrya Khaerunsyah, S.TP., mewakili Kepala UPTD BPPSP-TPHP, Perwakilan Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Riau, Kepala DKPP Kabupaten Bintan, diwakili oleh Aswar, S.Sos. selaku Sekretaris Dinas, Kepala Pers Pangkalan AL Bintan, S. Nasution, Perwakilan Camat Bintan Utara, Sumarmi, S.E, Kepala Dusun Jago, Sugiyono, mewakili Kepala Desa Lancang Kuning, Ketua KTNA, Kashmir, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian, M. Fadholi Yulhendri, S,P., M.P. beserta PPL Bintan Utara, Ketua Kelompok Tani Milenial Kreatif, diwakili oleh Suroso selaku Sekretaris, serta Ketua Kelompok Tani Maju Jaya, diwakili oleh Tukiman.
 
Dalam sambutannya, Dr. Ruslan Boy, S,P., M.Si. selaku Kepala BSIP Kepri, menyatakan perbenihan jagung komposit ini dilakukan untuk mendukung perbenihan tanaman pangan di Kepulauan Riau. Jagung varietas Jakarin yang dikembangkan sudah sangat sesuai dengan kondisi cuaca dan iklim ekstrim yang melanda Kepulauan Riau di semester II tahun 2023. El Nino berikut dampaknya seperti berubahnya pola serangan organisme pengganggu tanaman yang dapat mempengaruhi kualitas dan produktivitasnya. “Oleh karena itu dengan adanya perbenihan jagung terstandar, diharapkan mampu diantisipasi dengan menerapkan standar sistem perbenihan, pengairan, pemupukan, serta pengendalian pestisida.", ujar Kepala Balai.
 
Acara panen bersama menjadi puncak dari kolaborasi yang produktif antara BSIP Kepri dan Kelompok Tani Milenial Kreatif yang telah berjalan sejak 18 Juli 2023. Hasil panen perbenihan jagung berkualitas tinggi ini akan dipersiapkan untuk mendukung ketersediaan benih pada musim tanam selanjutnya setelah melalui proses sertifikasi oleh PBT BPPSP-TPHP Provinsi Kepri.
 
Kesuksesan kegiatan ini tidak hanya menciptakan harapan baru untuk pertanian di Desa Lancang Kuning dan Kabupaten Bintan, namun untuk pemenuhan kebutuhan perbenihan di Kepulauan Riau. Hal tersebut menunjukkan bahwa sinergi antara lembaga pemerintah, seperti BSIP Kepri dengan kelompok tani dapat membawa dampak positif yang signifikan pada sektor pertanian di Kepulauan Riau ini
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Pelabuhan Sungai Jang No 38 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau 29124

Hubungi:

HP & WA: 0822 8522 4163
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset