PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

PPID Utama

Kolaborasi Kendalikan Inflasi Melalui Pendampingan Budidaya Cabai Terstandar.




Dukung program pengendalian inflasi pangan di Kepulauan Riau, BSIP Kepri hadiri penyaluran bibit cabai secara simbolis yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan (DKPPKH) Provinsi Kepulauan Riau yang dilaksanakan di Lokasi Pembibitan UPTD BPPSP-TPHP Provinsi Kepri, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan (05/12/2023).

Kepala BSIP Kepri, Dr. Ruslan Boy, S.P., M.Si. hadir bersama Kasubbag Tata Usaha, Sahrul Hadi Nasution, SP serta Penyuluh, Jonri Suhendra Sitompul, SP dan Firsta Anugerah Sariri, SP. Roadmap pengembangan pertanian Provinsi Kepri Tahun 2024-2034. Implementasi tugas dan fungsi BSIP Kepri melalui aktivitas diseminasi Standar Instrumen Pertanian yang didalamnya termasuk pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan kolaboratif dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah dan daya saing produk. Maka dari itu, Standardisasi dalam standar budiaya cabai menjadi acuan baku dalam Gerakan Menanam Cabai untuk peningkatan produksi cabai. Kiranya melalui gerakan menanan cabai secara massif dapat berkontribusi dalam stabilitas inflasi di Kepri “ujar Ruslan Boy”.

Pembukaan acara, diawali sambutan Kepala BSIP Kepri, Dr. Ruslan Boy, S.P., M.Si. Mengapresiasi kepada DKPPKH Kepri atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebagaimana kita ketahui, cabai merupakan salah satu komoditas unggulan dalam Penyusunan Roadmap pengembangan pertanian Provinsi Kepri Tahun 2024-2034. Implementasi tugas dan fungsi BSIP Kepri melalui aktivitas diseminasi Standar Instrumen Pertanian yang didalamnya termasuk pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan kolaboratif dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah dan daya saing produk. Maka dari itu, Standardisasi dalam standar budiaya cabai menjadi acuan baku dalam Gerakan Menanam Cabai untuk peningkatan produksi cabai. Kiranya melalui gerakan menanan cabai secara massif dapat berkontribusi dalam stabilitas inflasi di Kepri “ujar Ruslan Boy”.

Sambutan Kepala UPTD BPPSP-TPHP Kepri, Nil Erison, S.TP. Dengan tujuan bersama-sama dalam mengendalikan inflasi di Kepulauan Riau, beliau berharap agar bibit cabai yang diserahkan kepada Masyarakat dapat dibudidayakan secara benar. Dalam hal ini, DKPPKH Provinsi Kepri telah menggandeng BSIP Kepri dalam pendampingan budidayanya. “Penerima bantuan bibit cabai ini tidak hanya petani, namun ada juga masyarakat yang awam akan pertanian. Tapi Bapak/Ibu jangan khawatir, BSIP Kepri akan melakukan pendampingan kepada Bapak/Ibu dalam melakukan budidaya cabai.”, ucap Nil sambil menunjukkan personal kontak penyuluh BSIP Kepri dan yang tertera pada brosur budidaya cabai yang akan diserahkan ke penerima bantuan sepaket bersama bibit cabai tersebut. 

Selain pembagian 15.000 bibit cabai di Kabupaten Bintan, bantuan 20.000 bibit cabai juga diserahkan kepada masyarakat Kota Tanjungpinang pagi ini hingga 4 hari kedepan (5-9 Desember 2023) di Kawasan Jalan Jatayu KM 11 Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Harapannya dengan masyarakat melakukan gerakan tanam cabai, kebutuhan akan cabai di pasaran maupun kebutuhan rumah tangga masyarakat akan terpenuhi sehingga harga cabai dapat dikendalikan yang berimbas pada terkendalinya inflasi di Kepulauan Riau

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Pelabuhan Sungai Jang No 38 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau 29124

Hubungi:

HP & WA: 0822 8522 4163
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset