PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

BSIP Kepri Gali Potensi Peternakan di Kabupaten Bintan




Bintan – Dalam rangka menggali potensi peternakan, Kepala Balai Dr. Ruslan Boy, SP, M.Si beserta Tim melakukan kunjungan ke Kelompok Tani Sumber Rejeki di Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, dan Kelompok Tani Sumber Rejeki, Desa Sri Bintan, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan (13/12/2023).

Kunjungan Tim BSIP Kepri diawali pada peternakan Sapi Bali milik Bapak Amad selaku anggota kelompok tani Sumber Rejeki. Salah satu potensi yang baik untuk dikembangkan yaitu pengolahan limbah dari kotoran ternak. Selama ini limbah kotoran ternak hanya ditumpuk begitu saja tanpa diolah lebih lanjut dan pemanfaatannya baisanya langsung diaplikasikan ke tanaman dan seringkali hanya dibiarkan.  Melihat kondisi tersebut, Kepala Balai beserta Tim menyarankan untuk dilakukan pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk organik padat yang mengacu pada SNI Wajib Pupuk Padat Nomor 7763:2018.

Untuk berita lengkapnya klik link  : https://kepri.bsip.pertanian.go.id/berita/bsip-kepri-gali-potensi-peternakan-di-kabupaten-bintan