PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

Panen Cabai Bersama di Taman Agrostandar BSIP Kepulauan Riau




Tanjungpinang - Taman Agrostandar BSIP Kepulauan Riau menjadi saksi kebahagiaan BSIP Kepulauan Riau, karena pada hari ini, 14 Desember 2023, digelar acara panen cabai bersama. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Balai, Dr. Ruslan Boy, S.P., M.Si., Kasubbag Tata Usaha, Sahrul Hadi Nasution, S.P., Sub Koordinator KSPP, R. Catur Prasetiyono, S.P., S.ST., Sub Koordinator Program dan Evaluasi, Apriyani Nur Sariffudin, S.Pt., M.Sc., serta perwakilan Staf BPSIP Kepulauan Riau.

 
Taman Agrostandar BSIP Kepulauan Riau, sebagai tempat inovasi pertanian, menjadi pusat perhatian dengan capaian positif dalam mencapai hasil panen yang memuaskan. Panen cabai kali ini bukan hanya sebuah kegiatan rutin, tetapi juga sebagai bagian dari upaya meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. 
 
Kepala Balai, dalam sambutannya, menyatakan kebanggaannya terhadap capaian panen cabai dengan varietas Lado F1 dalam mencapai hasil yang memuaskan. Cabai yang dipanen terlihat tumbuh subur dan yang ditandai dengan bentuk buah yang panjang-panjang dan besar.
 
Diketahui, cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap memantik inflasi dengan andil besar. Dengan pengembangan tanaman cabai ini maka akan menekan angka inflasi di daerah, terutama harga komoditas tanaman pangan yang selalu berfluktuasi dengan kenaikan harga yang sangat tinggi.
 
Harapannya pelaksanaan panen cabai bersama ini, dapat menjadi daya tarik dalam memberikan solusi menghadapi krisis pangan global dan menambah daya tarik bagi masyarakat khususnya Tanjungpinang dalam melakukan pemanfaatan, serta meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengoptimalkan lahan pekarangan. (penulis:trm)