PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepulauan Riau

PPID Utama

BSIP Kepri Ikuti Pelatihan Petugas Pengambil Contoh Lingkup BSIP




Dalam rangka peningkatan SDM staf BSIP Kepri, Syaema Yulida Khaerudin mengikuti kegiatan pelatihan Petugas Pengambil Contoh (PPC) lingkup Badan Standardisasi Instrumen Pertanian yang diselenggarkan di Aston Inn Pandanaran, Semarang Jawa Tengah, Senin-Rabu (11-13 Desember 2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris BSIP, Kepala BSIP Jawa Tengah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN. Kegiatan ini di ikuti oleh 123 peserta yang di bagi menjadi 5 kelas: PPC Air, Tanah, Pupuk, Benih, dan Pakan.

Dalam sambutannya sekretaris BSIP Dr. Haris Syahbuddin, DEA menyampaikan pentingnya pelatihan PPC. PPC merupakan petugas yang bertanggungjawab atas pengambilan contoh. Kegiatan ini merupakan upaya BSIP dalam meningkatkan kapasitas SDM melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.

Petugas Pengambil Contoh bertugas mengambil contoh bahan atau barang, untuk tujuan yang bersifat formal diantaranya untuk pengujian atau standarisasi. Kualifikasi Petugas PPC diatur di dalam SNI ISO 19024. Kompetensi secara teknis dan hukum seseorang sebagai PPC dinyatakan dalam bentuk sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang. Badan yang berwenang mengeluarkan sertifikat adalah badan atau lembaga sertifikasi personal atau badan sertifikasi. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada calon PPC dalam hal kompetensi pengambilan contoh.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Pelabuhan Sungai Jang No 38 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau 29124

Hubungi:

HP & WA: 0822 8522 4163
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset